Kamis, 14 April 2011

Surat Panggilan


Kepada para sahabat
Kepada yang belum terjerat

Ceritakanlah sahabatku
Ceritakan dan teriakkan, tentang kampung kita
Tentang jalan dan jembatannya
Tentang ladang-ladangnya
Bukankah seharusnya kampung kita indah?

Ceritakan, sebab kamu masih punya kebebasan
Kamu belum masuk jerat
Tidak seperti aku
Meski telah kutulis ceritanya
Aku sedang terkurung
Banyak hal yang mengurung
Apa jadinya jika aku bercerita
Apa jadinya sanak dan keluargaku

Wahai sahabat, dalam kekesalanku kupanggil engkau
Janganlah setelah masuk jerat, baru engkau mengerti

Engkaulah masanya
Teriakan, maka kuyakin kamu menang
Sebab masamu adalah masa yang banyak merubah negeri ini

Ceritakan tentang kampung kita wahai sahabat
Janganlah aku menunggu lama
Sebab mampu kulepas jerat ini
Dan mampu aku berteriak lebih keras
Jika engkau tetap diam

Oleh: C. Tefbana